Enter your keyword

ABOUT LAZUARDI GCS

PROFILE & HISTORY

Who We Are?

Lazuardi Global Compassionate School believes in good character, diversity and creativity among other fundamental principles and paradigms. These overarching goals ensure that our school stands out from the rest in an era of continuous change. While humbled and in awe of the colossal and profound responsibility, Lazuardi strives to incorporate best practices in education from throughout the world.

Core Values

Inclusive, Global Awareness, Future Oriented, Compassionate, Integrity, Spiritual.

Our Transformation

We Are transforming into Lazuardi Global Compassionate School which aims to strengthen Islamic foundation in our students’ education. The overarching goal of our school is to graduate children with akhlaqul karimah (noble character traits), who can go out into the world to make it a better place.

Our Strategy

At Lazuardi we believe that children must be taught “how to think”, not “what to think” in line with the Plutarchian precept of “The mind is not a vessel to be filled, but a fire to be kindled.”

 

ABOUT LAZUARDI

PROFILE & HISTORY

Who We Are?

Lazuardi Global Compassionate School believes in good character, diversity and creativity among other fundamental principles and paradigms. These overarching goals ensure that our school stands out from the rest in an era of continuous change. While humbled and in awe of the colossal and profound responsibility, Lazuardi strives to incorporate best practices in education from throughout the world.

Core Values

Inclussive, Global Awareness, Future Oriented, Compassionate, Integrity, Spiritual.

Our Strategy

At Lazuardi we believe that children must be taught “how to think”, not “what to think” in line with the Plutarchian precept of “The mind is not a vessel to be filled, but a fire to be kindled.”

Our Transformation

We Are transforming into Lazuardi Global Compassionate School which aims to strengthen Islamic foundation in our students’ education. The overarching goal of our school is to graduate children with akhlaqul karimah (noble character traits), who can go out into the world to make it a better place.

  • Sekolah Islam yang berwawasan Global dan Welas Asih

  • Memiliki komitmen untuk membuka kesempatan bagi siswa
    berkebutuhan khusus dengan menerapkan sistem inklusi

  • Berada di bawah naungan Yayasan Lazuardi Hayati

  • Sekolah yang mengedepankan pemahaman mengenai
    perbedaan dalam banyak hal dan pentingnya toleransi

  • Sekolah Islam yang berwawasan Global dan Welas Asih

  • Memiliki komitmen untuk membuka kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus dengan menerapkan sistem inklusi

  • Berada di bawah naungan Yayasan Lazuardi Hayati

  • Sekolah yang mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dalam banyak hal dan pentingnya toleransi

Visi

“Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebajikan, welas asih, dan kebahagiaan spiritual.”

Visi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih adalah merupakan rumusan dari kondisi masyarakat yang ingin kita capai sebagai hasil dari eksistensi Lazuardi GCS. Maka keempat elemen Visi Lazuardi merupakah sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan akan terus kami perjuangkan sebagai tujuan pembelajaran di Lazuardi GCS dalam menciptakan kondisi masyarakat yang ideal.

Misi

“Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.”

Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.

Ada 4 elemen utama yang terdapat dalam pernyataan visi ini:
  • Masyarakat Berbudaya Luhur

    *  Memiliki sistem dalam proses bermasyarakat.
    * Berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Kebajikan – Fokus Sebagai Makhluk Sosial

    *  Akhlak mulia.
    *  Amal saleh.

  • Welas Asih – Empati yang Berlanjut Pada Simpati

    *  Kemampuan merasakan/prihatin terhadap masalah atau kesulitan orang lain.
    *  Terdorong untuk membantu orang lain lepas dari kesulitan.

  • Kebahagiaan Spiritual – Fokus Sebagai Individu

    *  Kebahagiaan yang bersumber dari dalam diri, dan tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal (orang lain, lingkungan, dsb).

Pernyataan misi tersebut memiliki 3 penjelasan utama:
  • Menggali Potensi

    • Setiap individu memiliki potensi yang besar dalam dirinya.
    • Tidak semua orang menyadari potensi yang mereka miliki.
    • Hasil dari proses ini adalah individu yang bersangkutan dapat mulai mengidentifikasi potensi yang dia miliki.
  • Mengembangkan Potensi

    • Potensi hanyalah benih yang tidak akan berubah menjadi kekuatan-kekuatan jika tidak kita tindak lanjuti.
    • Setelah menggali dan mengidentifikasi potensi, perlu ditindaklanjuti dengan terus diasah dan dikembangkan agar dapat menjadi sumber daya utama kita dalam menciptakan perbaikan kehidupan.
  • Perbaikan Kehidupan

    • Kehidupan kita pribadi sebagai seorang individu.
    • Kehidupan sosial dan lingkungan kita.

tujuan akhir

Menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah dan sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental dan secara spiritual memiliki tujuan hidup dan misi untuk membantu sesama demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

tujuan kelembagaan

Menjadi World Class School, yang memiliki ciri-ciri:

  • Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja profesional.

  • Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive.

  • Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis.

  • Memiliki standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

  • Memiliki sistem monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement.

  • Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya.

Sasaran

Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :

  • Kompetensi personal

    Beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia,percaya diri dan kreatif

  • Kompetensi sosial

    Menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki keprihatinan sosial dan cinta lingkungan

  • Kompetensi akademik

    Menguasai kemampuan-kemampuan dasar,memiliki kecintaan kepada ilmu pengetahuan,tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas dan menguasai kemampuan riset.

  • Kompetensi vokasional

    Memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu

Visi

 

“Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebajikan, welas asih, dan kebahagiaan spiritual.”

Visi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih adalah merupakan rumusan dari kondisi masyarakat yang ingin kita capai sebagai hasil dari eksistensi Lazuardi GCS. Maka keempat elemen Visi Lazuardi merupakah sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan akan terus kami perjuangkan sebagai tujuan pembelajaran di Lazuardi GCS dalam menciptakan kondisi masyarakat yang ideal.

Ada 4 elemen utama yang terdapat dalam pernyataan visi ini:

  • Masyarakat Berbudaya Luhur

    • Memiliki sistem dalam proses bermasyarakat.
    • Berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Kebajikan – Fokus Sebagai Makhluk Sosial

    • Akhlak mulia.
    • Amal saleh.
  • Welas Asih – Empati yang Berlanjut Pada Simpati

    • Kemampuan merasakan/prihatin terhadap masalah atau kesulitan orang lain.
    •  Terdorong untuk membantu orang lain lepas dari kesulitan.
  • Kebahagiaan Spiritual – Fokus Sebagai Individu

    • Kebahagiaan yang bersumber dari dalam diri, dan tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal (orang lain, lingkungan, dsb).

Misi

 

“Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.”

Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.

Pernyataan misi tersebut memiliki 3 penjelasan utama:

  • Menggali Potensi

    • Setiap individu memiliki potensi yang besar dalam dirinya.
    • Tidak semua orang menyadari potensi yang mereka miliki.
    • Hasil dari proses ini adalah individu yang bersangkutan dapat mulai mengidentifikasi potensi yang dia miliki.
  • Mengembangkan Potensi

    • Potensi hanyalah benih yang tidak akan berubah menjadi kekuatan-kekuatan jika tidak kita tindak lanjuti.
    • Setelah menggali dan mengidentifikasi potensi, perlu ditindaklanjuti dengan terus diasah dan dikembangkan agar dapat menjadi sumber daya utama kita dalam menciptakan perbaikan kehidupan.
  • Perbaikan Kehidupan

    • Kehidupan kita pribadi sebagai seorang individu.
    • Kehidupan sosial dan lingkungan kita.

tujuan akhir

Menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah dan sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental dan secara spiritual memiliki tujuan hidup dan misi untuk membantu sesama demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

tujuan kelembagaan

Menjadi World Class School, yang memiliki ciri-ciri:

  • Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja profesional.

  • Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive.

  • Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis.

  • Memiliki standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

  • Memiliki sistem monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement.

  • Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya.

Sasaran

Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :

  • Kompetensi personal

    Beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia,percaya diri dan kreatif

  • Kompetensi sosial

    Menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki keprihatinan sosial dan cinta lingkungan

  • Kompetensi akademik

    Menguasai kemampuan-kemampuan dasar,memiliki kecintaan kepada ilmu pengetahuan,tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas dan menguasai kemampuan riset.

  • Kompetensi vokasional

    Memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu

Core Values

  • Inklusi

    Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:

    • Menyikapi keragaman secara terbuka dan kritis.
    • Berinisiatif untuk mempelajari mengambil manfaat dari perspektif dan situasi yang beragam.
  • Global Awareness

    Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:

    • Mengikuti perkembangan berbagai isu global.
    • Menunjukkan kontribusi positif terkait dengan isu-isu global.
  • Berorientasi Masa Depan

    Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:

    • Membuat keputusan dan rancangan masa depan yang lebih baik.
    • Mengaktualisasikan potensi secara berkelanjutan.
  • Welas Asih

    Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:

    • Menerima dan menghargai kondisi setiap individu sebagai bagian dari kebersamaan.
    • Melakukan upaya untuk menciptakan kebersamaan.
    • Melakukan upaya untuk membantu sesama makhluk.
  • Integritas

    Perilaku utama dari value ini adalah:

    • Melaksanakan amanah pekerjaan dengan sempurna (ihsan) sesuai dengan peraturan dan nilai-nilai organisasi.
  • Spiritual

    Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:

    • Menunjukkan usaha untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan penghayatan agama.
    • Melaksanakan ibadah harian dengan sebaik-baiknya.

Layanan apa yang diberikan Lazuardi?

pendidikan tingkat Pra-TK/TK, SD & SMP

program dwi bahasa

Program pendidikan khusus (special education)

Pusat Tumbuh Kembang dan Edukasi Pelangi Lazuardi

Pengembangan parenting skills

Penyedia layanan DayCare

OUR HISTORY

Sejarah Lazuardi

Sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Lazuardi Hayati dimulai dengan pendirian TK Islam Kanita Azzahra pada tahun 1994 di Cinere oleh Ibu Lubna Assagaf. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1995, menyusul berdiri Pra-TK.
TK yang semula hanya memiliki sekitar 20 (dua puluh) orang siswa dan menempati dua ruangan rumah Ibu Lubna sebagai tempat belajarnya, terus mengalami perkembangan. Jumlah siswa kian bertambah sehingga pada tahun 2000 Pra-TK/TK Islam Kanita menempati gedung baru yang dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, bersama SD Islam Lazuardi yang baru didirikan.
Kemudian, nama Pra-TK/TK dan TK disesuaikan menjadi Pra-TK/TK Islam Lazuardi. Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Lazuardi Hayati mengubah nama sekolah menjadi Lazuardi Global Islamic School (Lazuardi GIS), yakni sekolah Islam yang berwawasan global. Hal ini merupakan salah satu bentuk adaptasi Lazuardi terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan.
Di tahun 2018, Lazuardi Global Islamic School menandatangani piagam sebagai sekolah welas asih pertama di Indonesia yang tercatat namanya dalam daftar Compassion Action International. Hal ini sekaligus meresmikan transformasi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih dan berganti nama menjadi Lazuardi Global Compassionate School.

HISTORY TIMELINE

1994

Sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Lazuardi Hayati dimulai dengan pendirian TK Islam Kanita Azzahra pada tahun 1994 di Cinere oleh Ibu Lubna Assagaf

2003

Berdiri SMA Lazuardi GIS jurusan IPA & IPS di Sawangan, Depok

2004

Berdiri cabang Lampung dengan nama Lazuardi Haura

2005

  • Membuka SMP di kompleks Cinere
  • Berdiri cabang TK dan SD Meruya, Jakarta Barat dengan nama Lazuardi Cordova

2006

Berdiri cabang TK dan SD Solo bernama Lazuardi Kamila

2008

  • Berdiri cabang SMP di Cilandak, Jakarta Selatan dengan nama Lazuardi Jakarta
  • Berdiri cabang Pra-TK & TK Condet, Jakarta Timur dengan nama Lazuardi Karima

2012

Membuka SMP Lazuardi Haura di Lampung.

2013

  • Berdiri cabang TK & SMP di Margonda, Depok dengan nama Lazuardi Al Falah
  • Berdiri cabang TK, SD & SMP di Klaten, Jawa Tengah dengan nama Lazuardi Al Falah
  • Berdiri cabang SD dan SMP di Bekasi, dengan nama Lazuardi Al Kaffah

2014

Berdiri cabang SD di Banyuwangi dengan nama Lazuardi Tursina

2015

  • Berdiri cabang SD & SMP di Makassar dengan nama Lazuardi Atthaillah
  • Berdiri Pra-TK,TK dan SD di Kendari dengan nama Lazuardi Ibnu Sina

2018

Transformed into Lazuardi Global Compassionate School

Sejarah Lazuardi

OUR HISTORY

Sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Lazuardi Hayati dimulai dengan pendirian TK Islam Kanita Azzahra pada tahun 1994 di Cinere oleh Ibu Lubna Assagaf. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1995, menyusul berdiri Pra-TK.
TK yang semula hanya memiliki sekitar 20 (dua puluh) orang siswa dan menempati dua ruangan rumah Ibu Lubna sebagai tempat belajarnya, terus mengalami perkembangan. Jumlah siswa kian bertambah sehingga pada tahun 2000 Pra-TK/TK Islam Kanita menempati gedung baru yang dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, bersama SD Islam Lazuardi yang baru didirikan.
Kemudian, nama Pra-TK/TK dan TK disesuaikan menjadi Pra-TK/TK Islam Lazuardi. Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Lazuardi Hayati mengubah nama sekolah menjadi Lazuardi Global Islamic School (Lazuardi GIS), yakni sekolah Islam yang berwawasan global. Hal ini merupakan salah satu bentuk adaptasi Lazuardi terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan.
Di tahun 2018, Lazuardi Global Islamic School menandatangani piagam sebagai sekolah welas asih pertama di Indonesia yang tercatat namanya dalam daftar Compassion Action International. Hal ini sekaligus meresmikan transformasi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih dan berganti nama menjadi Lazuardi Global Compassionate School.

HISTORY TIMELINE

1994

Sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Lazuardi Hayati dimulai dengan pendirian TK Islam Kanita Azzahra pada tahun 1994 di Cinere oleh Ibu Lubna Assagaf

2003

Berdiri SMA Lazuardi GIS jurusan IPA & IPS di Sawangan, Depok

2004

Berdiri cabang Lampung dengan nama Lazuardi Haura

2005

  • Membuka SMP di kompleks Cinere
  • Berdiri cabang TK dan SD Meruya, Jakarta Barat dengan nama Lazuardi Cordova

2006

Berdiri cabang TK dan SD Solo bernama Lazuardi Kamila

2008

  • Berdiri cabang SMP di Cilandak, Jakarta Selatan dengan nama Lazuardi Jakarta
  • Berdiri cabang Pra-TK & TK Condet, Jakarta Timur dengan nama Lazuardi Karima

2012

Membuka SMP Lazuardi Haura di Lampung.

2013

  • Berdiri cabang TK & SMP di Margonda, Depok dengan nama Lazuardi Al Falah
  • Berdiri cabang TK, SD & SMP di Klaten, Jawa Tengah dengan nama Lazuardi Al Falah
  • Berdiri cabang SD dan SMP di Bekasi, dengan nama Lazuardi Al Kaffah

2014

Berdiri cabang SD di Banyuwangi dengan nama Lazuardi Tursina

2015

  • Berdiri cabang SD & SMP di Makassar dengan nama Lazuardi Atthaillah
  • Berdiri Pra-TK,TK dan SD di Kendari dengan nama Lazuardi Ibnu Sina

2018

Transformed into Lazuardi Global Compassionate School