Enter your keyword

post

LISTRIK TERANCAM HABIS? KENAPA?

LISTRIK TERANCAM HABIS? KENAPA?

Listrik merupakan kebutuhan yang tidak tergantikan di abad ke 21 ini. Bagaimana tidak? hampir semua yang kita lakukan sekarang menggunakan listrik, seperti menyetrika, mengerjakan skripsi, membaca berita, menggunakan internet. Ditambah lagi, bahkan orang sekarang menyimpan uang di kartu debit yang tidak terlepas dari adanya listrik. Tetapi tahukah kalian bahwa listrik kita terancam punah! Ingin tahu kenapa? Simak penjelasan di bawah ini!

Asal listrik

Nah, untuk mengetahui kenapa listrik terancam punah, kita harus mengetahui dulu, dari mana sih asalnya?

Listrik pada dasarnya adalah suatu energi yang hanya bisa dihasilkan dari mengkonversikan energi lainnya. Jamaknya, energi yang dikonversikan adalah energi kinetik, atau bisa disebut juga energi gerak. (lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya).

Gambar di atas adalah gambar pembuatan listrik oleh PLTU yaitu pembangkit paling banyak di Indonesia. Terlihat pada gambar tersebut ,menunjukan bagaimana energi dari batubara diubah menjadi energi listrik, secara singkat, alur perjalanannya yaitu:

  1. Batu bara ditambang, setelah itu dibawa ke pembangkit dan diletakkan ke ketel uap. Sementara itu, air di sungai dan laut dibawa melalui pipa ke pembangkit, lalu diarahkan ke pipa di dekat ketel uap di mana batubara diletakkan.
  2. Batu bara dibakar, menyebabkan air didalam pipa menguap menjadi gas. Air yang telah menjadi gas tetap dipanaskan hingga memuai, menyebabkan gas tersebut memiliki tekanan yang sangat tinggi.
  3. Gas bertekanan tinggi tersebut diarahkan ke turbin, menyebabkan turbin bergerak sangat kencang. Energi gerak dari turbin yang berputar kencang diubah oleh generator menjadi listrik yang kemudian bisa diarahkan ke pabrik, tempat ibadah, dan rumah penduduk.

 

Energi tak terbarukan

Nah, kalau gitu kenapa bisa terancam punah?  Memang semuanya terkesan terlalu normal. Namun ketahuilah, batubara bersama minyak bumi, gas alam, nuklir, dsb merupakan salah satu anggota energi tak terbarukan, yang berarti energi yang dapat habis kapan saja.

Emang sebesar apa sih pemakaian energi tak terbarukan ini? Gambar di bawah ini akan memberikan perkiraan produksi listrik menggunakan batu bara, minyak, dan gas.

Grafik Perkiraan produksi listrik hingga 30 tahun mendatang

Jika begitu energi apa yang tidak bisa habis? Banyak. Energi yang tidak bisa habis disebut energi terbarukan, beranggotakan energi surya, energi tidal, energi angin, dan masih banyak lagi.

Kalau gitu kenapa kita tidak menggunakan energi itu saja? Teknologi belum cukup canggih kah? Tidak juga, teknologi kita sebenarnya mendukung untuk mengkonversi energi di atas. Akan tetapi energi terbarukan memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri.

Walau begitu, pemerintah tetap lebih memilih energi terbarukan kalau tidak terpaksa. Sesuatu dibeli saat baru beberapa kali membeli akan terasa mahal, akan tetapi seiring dengan perjalanan waktu, biaya instalasi awalnya tidak akan setinggi sekarang.

Kesimpulan

Kita harus secepat-cepatnya menemukan sumber energi terbarukan yang menghasilkan listrik luar biasa besar. Kala ini, para Ilmuwan sedang mengembangkan cara membuat pembangkit dengan tenaga Fusi, yang jika berhasil akan menghasilkan pasokan listrik yang luar biasa besar.

Sembari menunggu hal tersebut, alangkah baiknya kita mengganti ketergantungan kita pada sumber energi tak terbarukan. Kita harus mulai menggunakan sumber energi terbarukan, agar tidak terjadi krisis sebelum pembangkit tenaga Fusi ini hadir di Indonesia.

Atau untuk berjaga-jaga seandainya proyek pembangkit listrik ini tidak akan pernah terealisasikan karena: terlalu mahal biaya instalasi awalnya, tidak pernah diciptakan, atau bahkan perang nuklir yang berlangsung lama.

Kalau kita tidak terlambat melaksanakannya, peradaban manusia yang telah dibangun sejak Revolusi Industri, akan hilang begitu saja. Jika hal itu sampai terjadi, akan terjadi miskomunikasi, depresi ekonomi, kelaparan berkepanjangan, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Kita sebagai masyarakat juga harus membantu! Cara-cara sederhana yang dilakukan terus-menerus dan bersama-sama akan menjadi hal besar. Kita bisa menghemat listrik dengan cara:

  • Mematikan lampu jika tidak diperlukan
  • Menggunakan AC atau kipas angin saja, tidak dua-duanya sekaligus
  • Jangan menggunakan TV dan Radio di waktu bersamaan
  • Mematikan lampu di siang hari
  • Dan berbagai cara lainnya

Asal ada niat, kita bisa kok menghemat energi. Mulailah dulu dengan hal sederhana; karena semua yang besar, pasti pernah kecil.

Ditulis oleh: Galang Radityowarman, Muhammad Ridho Bayu Prakoso, Muhammad Ghian Fausta Setiawan, Razan Arsyad Makarim, dan Muhammad Abdul Karim, Grade 7 SMP Lazuardi GCS.

Tautan: https://potlot.id/alasan-logis-mengapa-listrik-kita-terancam-habis/

Leave a Reply

Your email address will not be published.