Pembelajaran Otentik : Belajar dari Sang Ahli
Pembelajaran otentik adalah kunci dalam setiap unit belajar berbasis proyek. Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat proyek pembelajaran otentik adalah membawa dunia luar ke dalam kelas. Artinya, mengundang ahli ke kelas untuk membantu mengajar sekaligus memberikan contoh nyata dari hal-hal yang dipelajari siswa.
Meet the expert
Membawa seorang ahli ke dalam kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Membuat tujuan proyek terasa lebih melekat dari desain ke implementasi. Hal ini juga memicu rasa ingin tahu siswa dan membantu untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk mengajukan pertanyaan. yang lebih baik, lebih efektif. Ada banyak cara untuk membawa ahli tamu ke kelas terkait rangkaian proyek 1 yang tengah berjalan saat ini.
Grade I: incredible me
Pertama, seperti kelas 1 yang mengundang seseorang di lingkungan sekolah Lazuardi yakni Ibu Fatima Mutia. CRM Manager Lazuardi yang berbagi cerita tentang pertumbuhan masa kecilnya hingga dewasa. Kelas 1 sedang mempelajari pertumbuhan tubuh manusia dan memahami keistimewaan diri yang dimiliki masing-masing individu untuk bangga dan bisa menerima keadaan diri dengan baik sesuai tema: The Incredible Me.
Grade IV: fight and be free to be healthy
Kedua, proyek kelas 4 yang bertema: Fight and be Free to be Healthy. Siswa belajar memilih dan menggunakan gawai untuk merekam, tips teknik pengambilan gambar, membuat urutan jalan cerita, serta isi video yang singkat, padat dan jelas bersama Bapak Andi Muhyiddin seorang Video Digital Specialist. Pada akhir proyek ini siswa membuat video sebagai produk pembelajaran. Video edukasi berisi informasi pertolongan pertama atau pengalaman cara menghadapi bahaya serta upaya mempertahankan kesehatan selama pandemi.
Grade VI: independence day
Ketiga, kelas 6 hadir secara virtual di dalam Museum Perumusan Naskah Proklamasi lewat Proyek 1: Independence Day. Membawa kunjungan fisik yang tidak bisa dilaksanakan karena pandemi ke dalam kelas. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar bisa menggali informasi lebih banyak tentang kemerdekaan Indonesia dari sumber yang akurat. Laporan kegiatan kunjungan, dapat membantu siswa untuk bisa menjelaskan dan menyimpulkan hal- hal penting yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut. Sebagai upaya agar siswa bisa memiliki bentuk memori jangka panjang terhadap materi ini.
Meet The Expert di awal tahun ini sungguh semarak dan berwarna dengan berbagai pilihan narasumber yang variatif sebagai penggali ide, penguat kemampuan, juga pemahaman dengan pengalaman. Sesuai pembelajaran yang ingin dihadirkan oleh Lazuardi: Exploring Meaningful Learning.