Enter your keyword

post

LGP 2022 di SMP Lazuardi: Kemeriahan Mengasah Kreativitas dan Inovasi

LGP 2022 di SMP Lazuardi: Kemeriahan Mengasah Kreativitas dan Inovasi

LGP atau Lazuardi Gala Performance merupakan ajang kreativitas siswa yang diselenggarakan setiap tahun. Dengan perubahan new normal di masa pandemi ini, maka LGP dikemas dalam ruang virtual berbentuk video kompilasi karya siswa kelas 7, 8, 9.

Pandemi yang melanda dunia selama dua tahun ini membuat banyak perubahan dalam hidup kita. Di balik keadaan yang serba terbatas, tantangan demi tantangan membuat kita terus belajar dan beradaptasi. Tahun 2020 hingga 2021 merupakan tahun yang tidak akan terlupakan. Karena itu sudah saatnya kehidupan baru kita jalankan (new normal). Tetap belajar dan berkarya dari manapun kita berada, pantang menyerah menghadapi berbagai kondisi.

Di tengah segala tantangan yang kita hadapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus berkarya. Justru membuat kita mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian berusaha mengembangkan berbagai keterampilan dan  mengasah kreativitas. Lazuardi meyakini bahwa untuk menghasilkan karya dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Untuk itu kami tetap menampilkan berbagai kreativitas siswa dalam ruang virtual.

Lazuardi Gala Performance (LGP) tahun ini menampilkan pertunjukan drama virtual mengangkat tema “Kabayan: In a Quest for the Future“. Tema ini dipilih bertepatan dengan Integrated Project pelajaran Budaya Sunda bersama bidang studi lain yang dipelajari oleh siswa SMP Lazuardi. Selain itu, cerita tentang tokoh Kabayan dipilih sebagai bentuk melestarikan budaya Sunda. SMP Lazuardi yang letaknya di Kota Depok, Jawa Barat sebagai daerah penyangga Ibukota perlu mengedukasi siswa dan warga sekolah agar mencintai budayanya.

 

Mengisahkan petualangan Kabayan melintasi ruang dan waktu, menyaksikan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa depan dan masa lalu. Perjalanan ini memberikan semangat untuk Kabayan membangun desanya menjadi lebih maju. Tema tersebut dipilih sesuai dengan situasi saat ini dimana pada masa pandemi, kita menjadi semakin akrab dengan dunia digital atau sekarang populer disebut dengan metaverse.

Dunia digital membuat kita lebih mudah menjelajah informasi dan teknologi dengan luas. Tidak ada pilihan lain, kita harus menyesuaikan dan berubah sesuai perkembangan zaman. Kita terus belajar, mengasah pikiran, imajinasi, dan kreativitas yang tak terbatas menuju masa depan yang lebih baik dengan tetap mengedepankan kepribadian dan karakter yang baik.

 

 

“Alhamdulillah, LGP 2022 telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Ide menampilkan hasil pembelajaran yang merupakan kolaborasi dari berbagai bidang studi (Integrated Project), ternyata bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik. Lebih dari itu, LGP juga memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi siswa maupun guru. Try Everything! Begitulah theme song LGP kali ini mencerminkan usaha, kreativitas, dan karya yang dihasilkan. Memacu semangat untuk mencoba hal baru, sehingga menghasilkan karya drama Kabayan, puppet show, dan film animasi. Akhir kata, terus semangat berkarya. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah memberikan dukungan untuk LGP 2022,” ujar Bu Maria Rahmawati yang merupakan PJ LGP tahun ini dengan haru dan bangga.

Penampilan pun disajikan dalam kompilasi video yang menarik. Hal ini tentu membuat penampilan terasa sangat spesial dan tentunya berkesan di hati para penonton. LGP 2022 dapat disaksikan oleh khalayak ramai tak terbatas melalui ruang virtual YouTube Lazuardi Global Compassionate School. Tujuan diselenggarakannya acara ini, yaitu menampilkan potensi, bakat, dan kreativitas siswa-siswi SMP Lazuardi GCS di bidang seni peran, musik, olah vokal, tari, dan lain-lain sebagai hasil pembelajaran yang ditampilkan dalam sebuah pertunjukan yang memukau. Selain itu, acara ini juga berupaya mendorong rasa percaya diri siswa-siswi untuk menampilkan potensi terbaik mereka di hadapan khalayak umum. Memupuk rasa kebersamaan yang baik antara siswa, guru, orang tua siswa, dan masyarakat dalam suasana yang menyenangkan, penuh keakraban serta keramahan. Wah, menarik sekali ya!

Salah satu orang tua siswa, Ibu Vemmy Erwidianti, memberikan kesan yang sangat positif terkait dengan penampilan LGP yang sangat meriah di tahun ini. Beliau menjelaskan, cerita Kabayan dikemas sedemikian rupa tanpa meninggalkan kebudayaan lokal. Selain itu, lintas bidang studi juga semakin memperkaya kekhasan dari penampilan kali ini.

“Banyak kesan dan pesan yang tersirat dalam LGP 2022 kali ini. Walaupun masih dalam kondisi pandemi dan dipersembahkan dalam bentuk virtual. Namun, hal ini membuktikan bahwa para siswa-siswi SMP Lazuardi GCS masih tetap bersemangat tinggi dalam berkarya. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan dan kerja keras dari seluruh jajaran sekolah dan para orangtua murid. Rangkaian cerita mengenai Kabayan yang dibuat sangat menarik dengan kemasan kekinian namun tanpa meninggalkan budaya lokal yang kental. Alur ceritanya mampu membuat penonton bertahan dalam hampir 3 jam pertunjukan,” tuturnya.

“Kemasan acara pun dibuat dengan apik sebagai kolaborasi dari berbagai bidang ilmu dan minat serta bakat dari para ananda, tapi tetap tidak lepas dari kegiatan amal dari hasil penjualan tiket dan lelang lukisan hasil karya para ananda juga. Intinya adalah Paket Lengkap di dalam LGP 2022: “Nonton sembari belajar dan beramal.” Pembelajaran yang baik dari LGP kali ini tentunya tak lepas dari hasil jerih payah semua pihak yang telah bekerja keras dari balik layar selama ini. Apresiasi tertinggi dan ucapan terima kasih tak terhingga memang selayaknya disematkan. LGP 2022 menjadi kenangan termanis selalu,” terang Bu Vemmy yang merupakan Ketua Komite Sekolah.

Kesan positif pun juga amat dirasakan oleh siswa. Pasalnya, siswa terlibat secara penuh mulai dari penyusunan naskah, penentuan pemain, hingga tampil di panggung dengan percaya diri. Salah satu siswa kelas 7 Joyous, Diazo El Rustam yang berperan sebagai sutradara menyampaikan kesannya yang sangat menyenangkan. “Menurut saya, LGP tahun ini sangatlah seru! Apalagi saat drama sudah ditampilkan. Wah, keren sekali. Orang-orang di balik layar juga sangat berkomitmen dan semangat dalam menyiapkan penampilan ini. Harapan saya untuk LGP tahun depan, semoga ceritanya lebih seru dan dapat  diselenggarakan secara luring (offline),” tutup Diazo.

Untuk melihat tayangan LGP 2022 selengkapnya, silakan  mengakses tautan berikut ini ya: https://www.youtube.com/watch?v=pF_FWlvQLvM. Jangan sampai ketinggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.