Music and Movement Untuk Anak Usia Dini
Music and movement adalah kegiatan musical bagi anak usia dini dan usia dasar dalam mengenali bunyi, ketukan dan keteraturan. Kegiatan ini terdiri dari menyanyi,menari dan bermain musik sederhana. Tentunya kegiatan ini dikemas dengan cara yang menarik, menantang dan eksploratif. Adapun tujuan garis besar dari perlunya kegiatan music and movement adalah mengasah kemampuan afektif anak melalui olah rasa, auditori dan motorik serta membangun kecerdasan, keseimbangan dan kebahagiaan bagi anak usia dini.
Kegiatan Musik untuk Pra-TK/TK seperti apa ?
Kegiatan menyanyi adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Terutama bagi anak- anak di Taman Kanak- Kanak. Anak- anak berlatih menyanyi mengikuti tinggi rendah nada, dan mengucapkan syair lagu dengan baik dan benar. Hal ini sebetulnya melatih artikulasi dan kosa kata. Mengapa? Karena dengan berlatih mengucapkan syair lagu, anak- anak akan terlatih mengucapkan kata dengan benar. Anak- anak juga kaya dengan kosa kata baru dari lagu- lagu yang dinyanyikan. Tentunya dalam kehidupan sehari- hari kegiatan ini akan membantu kemampuannya dalam berbicara. Begitu pula ketika syair telah dikuasai, anak- anak akan terfokus pada tinggi rendah nada yang sesuai. Ini merupakan kolaborasi kemampuan mengucapkan syair dan auditori. Anak- anak yang memiliki auditori yang baik, biasanya akan mengenal bunyi dan perbedaannya dengan sangat baik. Adapun pemilihan lagu bagi anak usia dini dapat dipilihkan berdasarkan usia dan tumbuh kembangnya.
Bermain musik adalah salah satu kegiatan yang memiliki kesinambungan dengan keteraturan,konsentrasi, koordinasi dan kemampuan motorik. Pada kegiatan ini anak- anak diajak mendengarkan berbagai macam bunyi irama, lalu diajak untuk menggerakkan tangan kanan dan kiri, bertepuk tangan, serta memukul alat musik ritmis mengikuti tempo/ cepat lambatnya musik yang telah ditentukan. Anak- anak akan mengikuti pola ketukan dengan mendengarkan irama serta mengikutinya dengan peralatan sederhana. Biasanya di Taman Kanak- Kanak, mereka menggunakan marakas sederhana. Mereka terlihat semangat jika marakas buatannya digunakan dalam bermain musik. Lainnya adalah alat musik ritmis seperti perkusi/rebana, tamborin, angklung serta alat- alat dapur yang digunakan untuk bereksplorasi dengan bunyi- bunyian. Selama bertahun- tahun TK Lazuardi GCS melakukan kegiatan ini untuk membantu membangun dan meningkatkan konsentrasi, auditori dan koordinasi dan kemampuan motorik anak- anak dalam bermain musik.
Menari atau gerak dan lagu adalah kesekian aktivitas yang banyak disukai anak- anak. Gerak tubuh anak dan keseimbangan anak- anak dapat dibentuk melalui gerakan badan ke kiri dan ke kanan, mengangkat tangan ke atas dan kebawah,serta menyertakan mimik wajah gembira dan hidup. Gerakan keteraturan, dan keseimbangan ada di kegiatan ini. Mengapa? Karena sejak dini anak- anak akan berlatih menahan diri mengikuti ketukan dan gerakan yang berpadu dengan ketepatan irama. Mereka berlatih berjalan, menggerakkan tangan dan kaki dengan teratur. Selain dari pada itu pada bagian menari ini membentuk kelenturan tubuh anak, keseimbangan dan keselarasan. Hal tersebut akan tampak pada saat anak- anak berjalan, berlari, dan melompat.
Kegiatan Music and Movement bagi anak usia dini di Pra-TK/TK Lazuardi GCS adalah bagian dari kecerdasan majemuk yang dikemas dalam sentra music and movement sebagai pengembangan kemampuan dan kecerdasan majemuk seperti ilmu –ilmu yang lain. Akhirnya kegiatan ini adalah salah satu usaha yang terintegrasi dengan kegiatan sentra yang lain untuk membentuk perilaku, sikap dan empati serta jiwa welas asih yang kelak akan menjadi individu yang dinamis, bertanggung jawab, mandiri, kreatif dan percaya diri di masa yang akan datang.